Pengurusan VISA & Dokumen TETO Bagi Penerima Beasiswa Taiwan Asal Sumatera Utara

Persatuan Pelajar Sumatera Utara (PPSU) Taiwan bersama dengan Gerakan Mewujudkan 15000 DOKTOR (S3-Ph.D) Tahun 2040 di Sumatera Utara akan terus berkontribusi bagi pemulihan dan kemajuan Sumatera Utara salah satunya membimbing putra-putri Sumatera Utara untuk dipersiapkan memperoleh Beasiswa di Taiwan. Dalam usia yang masih sangat muda, 4 tahun, GERAKAN ini telah berhasil memotivasi dan membimbing 385 orang putra-putri Sumatera Utara memperoleh beasiswa ke Taiwan dan jumlah ini akan semakin bertambah setiap semesternya. GERAKAN ini juga sangat bersedia memediasi jalinan kerjasama antara kampus-kampus di Sumatera Utara dengan kampus-kampus di Taiwan, kerjasama bisa dilakukan antar kampus, antar jurusan, antar fakultas atau antar lembaga penelitian untuk membuka program pertukaran pelajar dan pengajar, beasiswa, double degree atau joint research. GERAKAN ini tidak MEMUNGUT BIAYA apapun kepada anak-anak atau institusi/komunitas yang DIBIMBINGNYA dalam melamar beasiswa ke Taiwan kecuali Biaya Pengurusan Visa. GERAKAN ini bebas dari kepentingan PRIBADI, bebas dari kepentingan akan UANG, dan bebas dari kepentingan akan POLITIK. GERAKAN ini hadir untuk KEPENTINGAN RAKYAT SUMATERA UTARA. 

Bagi adik-adik yang sudah dinyatakan lulus maka silahkan diikuti langkah-langkah berikut dalam pengurusan dokumen:

________________________________________________________________________

CATATAN PENTING SEBELUM MENGAJUKAN PERTANYAAN:

ANDA HARUS MEMBACA BERULANG MINIMAL 5X SEMUA POINT DIBAWAH DAN MEMBACA BERULANG MINIMAL 5X EMAIL DAN DOKUMEN YANG DIKIRIM KAMPUS TAIWAN KE EMAIL ANDA DAN MEMBACA BERULANG MINIMAL 5X LINK PENGUMUMAN ATAU PENDAFTARAN KAMPUS YANG ANDA LAMAR.
GUNAKAN GOOGLE TRANSLATE JIKA ANDA KURANG MENGERTI BAHASA INGGRIS

________________________________________________________________________

Proses Pengurusan VISA Pelajar ke Taiwan dapat dilakukan secara langsung ke Perwakilan Taiwan di Jakarta atau khusus untuk Sumatera Utara: Taiwan Indonesia Education Services (TIES) yang juga dibantu oleh para simpatisan PPSU Taiwan dan bekerjasama dengan Office of International Affairs Universitas HKBP Nommensen (OIA UHN) adalah satu-satunya institusi resmi di Sumatera Utara yang telah berpengalaman melakukan proses pengurusan VISA dan legalisir dokumen yang dibutuhkan universitas di Taiwan.

Program pengurusan VISA dan legalisir dokumen ini dipimpin langsung oleh Dr. Mula Sigiro, M.Si, Ph.D yang sudah berpengalaman lebih dari 4 tahun sejak tahun 2012 membimbing 385 lebih putra-putri Sumatera Utara meraih beasiswa ke Taiwan, beliau juga menjabat sebagai Director Office of International Affairs Univ. HKBP Nommensen (OIA UHN), Direktur Taiwan Indonesia Education Services (sebuah lembaga non-profit yang bergerak dalam jasa pelayanan pendidikan ke Taiwan), Chairman of Taiwan Education Center (TEC) Indonesia for Sumatera Utara Representative Office. Adapun prosedur dan persyaratan pengurusan VISA dan leges dokumen TETO adalah sebagai berikut:

  1. Urus Pasport bila belom punya (butuh waktu 2 minggu, namun di Pematang Siantar bisa selesai 2 hari kerja, persyaratannya KLIK disini)
  2. Cek Kesehatan ke Rumah Sakit Adam Malik Medan (Download disini formulirnya: Form 1 dan Form 2 lalu bawa print out dan soft copy formulir tersebut bersama PASPORT ke RS yang dituju (bukti pengurusan pasport bila masih sedang mengurus), PASTIKAN NAMA/DATA DI FORMULIR PERSIS SEPERTI NAMA/DATA DI PASPORT. butuh waktu 1 minggu. Form 2 berisi DAFTAR KLINIK dan Rumah Sakit untuk TKI yang diakui Taiwan di Indonesia, Sementara untuk pelajar/mahasiswa diizinkan menggunakan diluar daftar tersebut di seluruh RS di Indonesia yang kelasnya sudah bertaraf minimal Kelas B misalnya RS Adam Malik Medan dengan syarat RS tersebut memiliki seluruh peralatan yang dibutuhkan sesuai dengan item yang akan dicek pada formulir kesehatan di atas. Hasil cek kesehatan/formulir di atas dibuat saja rangkap 2 untuk persediaan/pertinggal. Pastikan di halaman ke-2 pada kalimat terakhir di formulir MedCek nama Anda tertulis dengan benar.
  3. Melampirkan seluruh hasil formulir dan sertifikat medical check-up asli. Bagi peserta yang kesulitan atau tidak dapat mencari Vaksin MMR dapat diberikan surat garansi vaksin oleh klinik dengan catatan bahwa yang bersangkutan sudah divaksin imunisasi sewaktu bayi, atau bisa juga dengan melampirkan hasil Titter Antibody (semacam sertifikat garansi vaksin juga). Berikut adalah klinik yang direkomendasikan: Klinik Ibu dan Anak Binjai, Klinik Link Medica Lubuk Pakam, Klinik Mitra Husada Padang Bulan, RS Colombia Medan, dan pada umumnya semua klinik bisa. Biaya yang dikenakan berbeda-beda, sekitar 1 jutaan. Disarankan agar Anda cukup menggunakan Surat Garansi Vaksin bila sudah imunisasi sewaktu Bayi, karena vaksin MMR seharusnya diberikan untuk anak usia 12-18 bulan (baca linknya disini
  4. Melampirkan Pasport Asli dan Fotokopi (masa berlaku pasport minimal 12 bulan).
  5. Melampirkan Pas photo TERBARU (1 bulan terakhir) Ukuran  4×6 yang jelas (berwarna dengan background putih)  3 lembar. Hasil dari foto studio, bukan hasil editan, dan jelaskan kepada fotografer/studionya bahwa foto tersebut akan digunakan untuk Visa, klik disini contohnya
  6. Melampirkan Potokopi buku tabungan berisi transaksi 3 bulan terakhir (uang yang ada di Buku Tabungan tersebut BUKAN untuk diberikan ke pihak universitas atau TETO, hanya sebatas syarat administratif, isi buku tabungan minimal Rp. 5 Juta tercatat di transaksi terakhir).
  7. Melampirkan Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK), dan 5 buah Materai 6000.
  8. Melampirkan VERSI INDONESIA dan VERSI ENGLISH (Hasil Terjemahan) Ijasah Asli dan Transkrip Asli beserta Fotokopinya yang sudah dilegalisir kampus.
  9. Melampirkan Surat Bukti Diterima Beasiswa Asli dan fotokopi (LoA = Letter of Acceptance atau Scholarhip Acceptance Letter) yang didapat dari POST, bila belum sampai maka dapat menggunakan LoA yang dikirim ke email untuk sementara.  (Klik disini CONTOH LOA-1 , CONTOH LOA-2 , CONTOH LOA-3). Point ini bisa menyusul kemudian bila LOA masih belum sampai ke alamat pos.
  10. Syarat terbaru dari TETO mulai April 2015 setiap pengurusan VISA PELAJAR (RESIDENT) harus melampirkan bukti kemampuan bahasa Inggris (Asli dan potokopi): sertifikat TOEFL ITP/PBT minimal 385, atau iBT TOEFL minimal 26, atau IELST minimal 3.0. Khusus untuk peserta yang mengurus Visa melalui TIES/OIA UHN dapat menggunakan TOEFL Prediction yang dikeluarkan oleh OIA UHN dengan biaya testing Rp.75.000 dan sertifikat langsung keluar sehari setelah testing. TOEFL Prediction OIA UHN diterima oleh TETO sebagai syarat mengurus VISA PELAJAR (RESIDENT).
  11. Syarat terbaru dari TETO mulai April 2015: peserta wajib mengisi formulir singkat online terlebih dahulu di laman website visa Taiwan.  klik disini untuk daftar online (Pilih General Visa Aplications), sedangkan cara pengisian online  klik disini (File PDF). Melampirkan hasil pendaftaran visa online dalam PDF yang sudah diprint, ditempel poto 4×6 berwarna dengan latar putih (halaman depan) dan ditandatangani (halaman terakhir dibagian signature applicant). PASTIKAN NAMA/DATA DI FORMULIR PERSIS SEPERTI NAMA/DATA DI PASPORT.
  12. Melampirkan bukti transfer pembayaran, Pembayaran Biaya di atas dilakukan 50% di awal dan pelunasan 50% lagi dibayarkan saat VISA dan leges TETO semua dokumen sudah selesai. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer melalui semua jenis Bank ke Nomer Rekening 106-000-876-876-7 Bank MANDIRI an Taiwan Indonesia Education Services (TIES). Tidak menerima pembayaran langsung di tempat. Bukti transfer bisa dibawa langsung ke OIA UHN atau discan/poto dan dikirim ke email: taiwaneducationservices@gmail.com. Apabila peserta mengundurkan diri atau tidak jadi mengurus VISA maka uang yang telah disetor tidak dikembalikan.
  13. Seluruh point di atas terangkum dalam formulir berikut “Klik Disini Formulir TIES” lalu diserahkan ke Kantor Taiwan Indonesia Education Services (TIES) di Komplek Prime No.A22-23 Simpang Selayang (Dekat SPBU), Kode Pos 20155  HP: 081262928416 (Lusi Victoria Lumban Gaol, M.Ed. atau langsung kepada Dr. Mula Sigiro, M.Si, Ph.D di Kantor OIA UHN, Ruangan Wakil Rektor IV Universitas HKBP Nommensen, Jln. Sutomo No.4A Medan, Kode Pos 20234  HP: 081397360600. 
  14. Bagi yang berada diluar kota Medan atau peserta yang bukan asal Sumatera Utara misal dari Aceh, Riau dll, berkas bisa dikirim ke Kantor Taiwan Indonesia Education Services (TIES) di Komplek Prime No.A22-23 Simpang Selayang (Dekat SPBU) Medan, Kode Pos 20155  HP: 081262928416 yang ditujukan kepada Lusi menggunakan TIKI (klik disini) bukan Kantor Pos atau JNE.
  15. Copy Ijasah dan Transkrip yang di LEGES TETO adalah HANYA yang TRANSLATE VERSI ENGLISH, yang VERSI INDONESIA tidak perlu (Hanya sebagai lampiran bukti), dengan catatan pihak kampus masing-masing yang mengeluarkan Translate Versi Englishnya, bagi pihak kampus yang tidak menyediakan Translate Versi English maka lihat point nomer 18 di bawah (Khusus Universitas Swasta harus dikeluarkan oleh Penerjemah Tersumpah, kecuali sudah dwi bahasa (Bilingual). Download di sini untuk Contoh Ijasah yang sudah diLEGES TETO dan di sini untuk Contoh Transkrip yang sudah diLGES TETO. BAGI yang belum memiliki Ijazah bisa diganti dengan SKTL. Khusus yang akan PhD maka yang dileges hanya Ijasah & Transkrip S2, yang S1 tidak perlu.
  16. TETO adalah Taipei Economic and Trade Office – Jakarta (Semacam kedutaan/perwakilan negara), KLIK disini Websitenya.
  17. Beberapa kampus seperti TMU dan NTUST (khusus yang tidak dapat beasiswa bulanan) yang hanya beasiswa uang kuliah membutuhkan Financial Statement (Download disini contohnya dan bawa ke BANK), butuh waktu 2-5 hari menyelesaikannya. Semua BANK diperbolehkan, asalkan Bank yang bersangkutan MAU mengeluarkan Financial Statement seperti contoh. Uang yang ada di Financial Statement/Buku Tabungan tersebut BUKAN untuk diberikan ke pihak universitas, hanya sebatas syarat administratif. Financial statement ini tidak harus dileges oleh TETO namun ada kampus tertentu yang mempersyaratkan harus dileges oleh TETO maka dalam hal ini kenakan tambahan biaya Rp. 1.000.000.
  18. BIAYA total Pengurusan LEGES DOKUMEN TETO dan VISA adalah: Rp. 3.800.000 (Express Selesai 14 Hari Kerja TETO terhitung mulai dari 2 hari setelah berkas diterima oleh TIES/OIA UHN), atau Rp. 3.400.000 (Reguler Selesai 18 Hari Kerja TETO terhitung mulai dari 2 hari setelah berkas diterima oleh TIES/OIA UHN) (Last Upadate 11 Desember 2015, Biaya hanya akan berubah bila terjadi kenaikan Biaya dari TETO), dengan catatan yang dileges adalah: 1 Translate English Ijasah, 1 Translate English Transkrip, dan 1 HASIL Medical Check-UP (Jumlah lembaran tidak masalah, bisa saja Transkrip 2 lembar, dan seterusnya). Jadi TOTAL yang dileges adalah 3 LEMBAR. Harga ini tidak berlaku jika pihak kampus tidak menyediakan Translate Ijasah dan Transkrip Nilai VERSI English. Khusus untuk universitas berstatus swasta maka ijasah dan transkrip harus ditranslate oleh Penerjemah Tersumpah yang hanya ada di Jakarta (untuk Medan difasilitasi oleh TIES ke Jakarta, peserta tidak harus ke Jakarta) dan untuk kasus seperti ini maka foto copy ijasah dan transkrip versi Indonesia yang sudah dileges kampus juga harus di Leges TETO maka total yang dileges TETO ada 5 dokumen untuk khusus kampus swasta, dan dikenakan tambahan biaya Rp.750.000/dokumen tambahan dan bila Ijasah dan Transkrip sudah dalam Dwi Bahasa (Indonesia-English) maka tidak dikenakan tambahan biaya ini). Bila peserta hanya membutuhkan leges TETO tanpa pengurusan Visa maka dikenakan biaya Rp. 1.000.000/dokumen.
  19. Khusus untuk pengurusan Visa Visitor Taiwan (Wisata, Kunjungan Singkat, Exchange atau Internship Student) cukup melampirkan: Pasport Asli dan potokopi, Potokopi Kartu Keluarga, LoA (Surat Penerimaan), Potokopi Rekening Koran Buku Tabungan 3 Bulan Terakhir, Print Out Formulir Online Visa (Pilih Visitor Visa saat mendaftar Online), Surat Pengantar dari Pimpinan Institusi/Universitas (khusus mahasiswa yang internship/exchange), Poto 4×6 berwarna dengan latar putih. TIES juga memfasilitasi Pengurusan Visa Pelajar Korea, selain berkas seperti di atas, khus yang ke Korea juga wajib melampirkan ijazah SMA asli dan potokopi beserta tambahan ketiga formulir berikut (silahkan diklik): Form 1, Form 2,  dan Form 3Biaya Pengurusan Visa Visitor Wisata/Kunjungan Singkat adalah: Rp. 1.850.000, dan Visa Visitor Exchange Student adalah: Rp. 2.850.000.
  20. Biaya di atas sudah termasuk biaya Jasa, biaya Verifikasi dan dan Legalisir Seluruh Dokumen di Notaris, biaya Verifikasi dan dan Legalisir Seluruh Dokumen di Kementrian Hukum dan HAM, biaya Verifikasi dan dan Legalisir Seluruh Dokumen di Kementrian Luar Negeri, biaya Verifikasi dan dan Legalisir Seluruh Dokumen di TETO, dan hingga VISA selesai. Bila terdapat biaya tambahan lainnya maka biaya tersebut menjadi tanggung jawab TIES artinya tidak akan ada biaya tambahan diluar biaya yang sudah disebutkan di catatan ini saat VISA sudah selesai. Bila LEGES DOKUMEN TETO dan VISA tidak selesai tepat waktu seperti yang dijanjikan yakni sesuai dengan waktu yg telah ditentukan di atas maka biaya yang dibayar hanya 75 % (telat 7-10 hari kerja), dan hanya 50% bila telat lebih dari 12 hari kerja.
  21. Semua biaya pengurusan dokumen, visa dan ongkos keberangkatan peserta ke Taiwan DITANGGUNG SENDIRI terlebih dahulu oleh peserta dan akan tergantikan semuanya setelah sampai di Taiwan dengan menabung beasiswa yang didapat dari universitas (untuk yang dapat tambahan Beasiswa Bulanan). Bagi yang hanya lulus beasiswa uang kuliah, sudah bebas semua biaya riset dan akademik lainnya, namun harus menanggung sendiri biaya hidup, asuransi dan dormitory, dan Beasiswa bisa tingkatkan di semester atau tahun berikutnya jika yang bersangkutan TEKUN dan KERJA KERAS dalam BELAJAR serta MEMILIKI PERFORMANCE YANG BAIK, kerja sampingan dan kerja di Laboratorium juga sangat memungkinkan sebagai salah satu alternatif menambah biaya hidup di Taiwan.
  22. Bagi yang belum memiliki ijasah dan transkrip dapat menggunakan SKTL atau Transkrip sementara dengan syarat yang bersangkutan sudah akan menerima ijasah paling lama 1 bulan setelah kuliah di Taiwan.
  23. Asuransi kesehatan cukup diurus di kampus Taiwan.
  24. Anda HARUS sesering mungkin mengirim email ke kampus yang Anda tuju untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, segala keraguan dan hal-hal yang kurang Anda pahami harus Anda tanyakan langsung ke kampus yang bersangkutan melalui email, misal: Tanggal berapa Dormitory mulai buka? Tanggal berapa sebaiknya tiba di kampus? Berapa biaya asuransi dan dormitory? Memperbaiki Alamat yang salah jika sebelumnya tidak punya kode pos? dll.
  25. BERKAS BISA DICICIL untuk mempercepat proses legalisir TETO dan Pembuatan VISA bila waktu Anda mepet, misal: saat pengumuman Beasiswa Keluar Anda sembari persiapan Cek Kesehatan lalu kirimkan Ijasah dan Transkrip ke OIA UHN untuk langsung di leges ke Kementrian Hukum dan Ham, dan Kementrian Luar Negeri, sembari menunggu proses di kedua kementrian ini maka Cek Kesehatan Anda sudah selesai sehingga sertifikat Kesehatan bisa langsung bersamaan dengan Ijasah dan Transkrip dileges bersamaan ke TETO. Namun tetap akan lebih baik bila Anda menyerahkan semua berkas dengan komplit seperti yang tertulis di FORMULIR TIES No. 25 dengan catatan anda masih punya CUKUP WAKTU (tidak mendesak)
  26. Visa dan dokumen yang telah selesai bisa diambil di Kantor OIA UHN atau di Kantor TIES (akan diinfokan kepada yang bersangkutan). Bagi peserta yang akan dikirim via TIKI dikenakan biaya Jasa Pengiriman sebesar Rp.100.000 (Daerah Sumatera) dan Rp.200.000 untuk daerah Luar Sumatera.
  27. Untuk Pemesanan tiket sangat disarankan langsung membelinya saat sudah pengumuman beasiswa agar dapat tiket yang murah (1.5 juta) dengan tanggal keberangkatan pada minggu pertama September yakni antara tanggal 3-10 (untuk Fall) atau pertengahan Februari yakni tanggal 10-20 (untuk Spring), tidak ada masalah bila Anda telat 1 minggu tiba di Taiwan dari jadwal yang ditentukan oleh universitas (bisa dikonfirmasi lagi via email ke kampus yang bersangkutan). BEASISWA di Taiwan adalah INDEPENDENT, tidak ada ikatan bagi mereka yang sudah selesai.

Catatan PENTING … !!!

  1. Sangat penting memiliki INTERNET BANKING dan punya TOKEN untuk dibawa ke Taiwan (BNI, MANDIRI atau BCA, lama pengurusan 1 bulan, tanyakan ke BANK langsung). Pengertian Internet Banking : Klik di sini. Buat semua AKUN dan Pasword Anda dalam 1 file WORD, misal Anda punya 4 email, punya 2 ATM, punya 2 akun FB, punya pertanyaan rahasia untuk masuk akun, punya 2 pasword Remot TOKEN Internet Banking, punya akun-akun lainnya : KUMPULKAN semua dalam 1 file WORD supaya Anda tidak keteteran dan SIMPAN di Laptop atau di DRAFT EMAIL Anda PADA tempat yang “AMAN”. Gunakan NAMA LENGKAP Anda sebagai EMAIL yang Anda pakai secara FORMAL, misal nama Anda AHMAD YANI tapi alamat email Anda : ganteng777ay@yahoo.co.id [TIDAK PROFESIONAL], dan JANGAN menggunakan Email akun Facebook sebagai EMAIL FORMAL. Di LUAR NEGERI Anda akan komunikasi setiap harinya dengan DOSEN atau PEMBIMBING dan orang lain adalah lebih banyak VIA EMAIL, komunikasi lewat Email adalah KOMUNIKASI VITAL dan FORMAL di luar negeri.
  2. Tukar uang dolar taiwan (NTD) dari Medan (Money Changer) minimal sebanyak 20000 NTD sebelum berangkat ke Taiwan untuk UANG PEGANGAN dan keperluan biaya hidup selama 1 bulan (Beasiswa umumnya diberikan langsung dua bulan pertama sejak minggu pertama di bulan ke-2 setelah belajar di universitas).
  3. Pesan Tiket AIR ASIA secepat mungkin dengan BAGASI 50 KG.
  4. Tiga minggu sebelum berangkat ke Taiwan Anda WAJIB MENGUASAI semua INFORMASI tentang UNIVERSITAS yang akan Anda masuki, yakni PELAJARI WEBSITENYA, baca semua fitur-fitur WEBnya, baca petanya, baca nama-nama dosennya, baca asramanya, baca semua buku panduan mahasiswa barunya, baca website INTERNATIONAL OFFICEnya, dan WAJIB mengontak Ketua PPSU Kampus masing-masing (ada di blog ini) untuk menanyakan penjemputan, barang-barang apa yang perlu dibawa dari Indonesia supaya HEMAT disini misal: bawa pas poto banyak-banyak berbeda ukuran, bawa odol, bawa sabun, bawa selimut, bawa obat-obatan, dll).
  5. JANGAN LAGI MEMBIASAKAN DIRI LANGSUNG BERTANYA jika belum membaca dan mencari INFORMASI berulang-ulang, INI adalah KEBIASAAN TERBURUK kita di Sumatera Utara.  Salah satu EFEK dari kebiasaan buruk ini adalah anak-anak Sumatera Utara cukup banyak yang MENYIMPULKAN SESUATU DENGAN SANGAT MUDAH (MENGHAKIMI) tanpa terlebih dahulu MENCARI dan MENGUMPULKAN INFORMASI & BUKTI TERKAIT.
  6. Disarankan untuk bertanya dengan logis, misal : Satu DOLAR TAIWAN itu berapa RUPIAH bang? apa itu NTD bang? PERTANYAAN seperti ini sangat mudah jawabnya ditemukan di GOOGLE. Form kesehatannya RANGKAP 1 atau RANGKAP 2 bang? Fotolopi Izasahnya boleh tidak dileges bang? ini adalah pertanyaan yang TIDAK MENDASAR karena di atas tidak ada disuruh rangkap 2 maka seharusnya Anda paham bahwa yang diperlukan hanya 1, sedangkan Izasah dimana-mana jika dibutuhkan HARUS dileges. BISAKAH cek kesehatannya di Klinik/Rumah Sakit lain? padahal di atas sudah jelas dituliskan TIDAK BOLEH, jadi semua yang tertulis di atas SEPERTI itulah ADANYA.
  7. SETELAH SAMPAI di BANDARA Taoyuan Airport (TAIPEI) : Anda HARUS membeli kartu seluler Taiwan yakni Kartu SIM Chunghwa yang seharga 300an NTD [Klik disini] di ARAH sebelah kiri Pintu Keluar Ruang PENJEMPUTAN Bandara (masih di ruangan Bandara, bukan di Pintu Keluar Pasar) dengan menunjukkan PASPORT (jika tidak ketemu maka TANYAKAN pada Satpam atau Pusat Informasi). Ini sangat penting karena setelah keluar Bandara Anda tidak bisa sembarangan MEMBELI kartu SIM seluler. Lalu telpon langsung keluarga Anda di Indonesia dengan cara menambahkan angka 019 di AWAL nomer Indonesia yang mau dituju (Misal: +6281397360600) MENJADI : 0196281397360600 . Selama di Taiwan: Anda harus BERJALAN di sebelah KANAN bukan di sebelah kiri.
  8. ANDA sebaiknya KENAL DEKAT dan TAU siapa saja anak-anak yang berangkat ke Taiwan TANPA DILATARBELAKANGI oleh SUKU – AGAMA & GOLONGAN, ANDA sebaiknya BERDISKUSI dan TUKAR INFORMASI dengan anak-anak lainnya yang akan berangkat. ANDA seharusnya PEDULI dan SIMPATI terhadap anak-anak Sumatera Utara lainnya yang akan berangkat bersama dengan ANDA. Sewaktu kita KECIL (balita): kita sangat EGOIS, kita tidak mau tau tentang orang lain apalagi menolong kepentingan orang lain, saat ini ANDA akan studi lanjut (S2 dan S3) MASAKAN ANDA kembali jadi BALITA ???

NEGERI ini sangat MEMBUTUHKAN orang-orang INTELEKTUAL, TERDIDIK, BER-INTEGRITAS yang mau REPOT-REPOT dan penuh hikmat menyelesaikan masalah di REPUBLIK ini. BENDERA MERAH PUTIH kita berdiri karena KAUM INTELEKTUAL mau berjuang melawan kolonialisme dan segala bentuk penjajahan sebelum dan di awal kemerdekaan, NEGERI ini didirikan oleh para kaum intelektual, orang-orang yang di zamannya begitu maju dan amat terdidik di saat 95% penduduk negerinya BUTA HURUF, dan mereka yang super terdidik itu memilih meninggalkan sekedar berada di menara-menara gading (Zona NYAMAN), mereka mau repot-repot mengurusi 95% penduduk negerinya yang BUTA HURUF yang tak pernah tersentuh pendidikan. LALU apa yang terjadi … ??? : SANG SAKA MERAH PUTIH naik BERKIBAR – BERKUMANDANG dan HARI INI kita merasakan EFEKNYA, merasakan ENAKNYA, dan merasakan NIKMATNYA, yakni salah satunya kita bisa dapat beasiswa ke Taiwan, coba bayangkan jika seandainya bangsa kita masih TERJAJAH? Bisakah kita dapat beasiswa Taiwan?

DAN saat ini: kita adalah GENERASI SUPER TERDIDIK di zaman kita, oleh sebab itu adalah TUGAS dan TANGGUNG JAWAB kita mencari dan mengerjakan solusi untuk MEMBANGUN NEGERI ini sesuai dengan cita-cita kemerdekan, cita-cita para pendiri negeri ini, bukan meratapi kekurangan atau mengkritisi tanpa memberi solusi dan tanpa membangun, salah satu caranya adalah saling MENDUKUNG, MEMBIMBING dan MEMPERSIAPKAN para generasi muda untuk menjadi pemimpin-pemimpin handal di MASA DEPAN.

Logo 15000 DOKTOR S3 Sumatera Utara

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.